Forum Komunikasi MGMP Fisika Madrasah Aliyah Nasional

Membuktikan Konsep Gerak Lurus Beraturan (GLB) Mengginakan Mobil Mainan

 

MEMBUKTIKAN KONSEP GERAK LURUS BERATURAN (GLB) MENGGUNAKAN MOBIL MAINAN 

Sulistya Budiwati, S.Si

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sorong Papua Barat.

Jl. Basuki Rahmat No.40 Remu selatan, Sorong Manoi Kota Sorong Papua Barat

sulistyabudiwati1981@gmail.com

Seorang guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu cara peningkatan kualitas pembelajaran adalah dengan penggunaan metode yang sesuai sehingga siswa mampu membangun pengetahuan di dalam dirinya.

Kemampuan siswa untuk membangun pengetahuan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor baik secara internal maupun eksternal. Dibutuhkan kemampuan siswa untuk menghubungkan apa yang dipelajari di sekolah dengan pengalaman sehari-hari agar terbangun pemahaman secara menyeluruh.

Mata pelajaran fisika mempelajari berbagai macam fenomena alam yang bersifat konkret dan abstrak. Metode eksperimen sangat dibutuhkan untuk mempelajari hal-hal yang bersifat abstrak agar lebih mudah dipahami.  Idealnya ketersediaan peralatan laboratorium yang lengkap dapat membantu dalam proses pembelajaran. Untuk memperlajari konsep gerak lurus beraturan (GLB) dibutuhkan kit percobaan mekanika yang terdiri dari ticker timer, power supply, pita, kertas karbon, kereta dinamika dan rel lintasan.

Pada kenyataannya tidak semua sekolah memiliki peralatan tersebut. Penggunaan mobil mainan dan stop watch dapat menjadi peralatan alternatif  untuk melakukan eksperimen GLB. Data hasil eksperimen  dianalisis sehingga dihasilkan grafik s-t dan grafik v-t. Alat dan bahan yang dibutuhkan, prosedur kerja dan langkah-langkah untuk menganalisis data secara lengkap dalat dilihat pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di bawah ini :

LKPD GERAK LURUS BERATURAN (GLB) 

A.    Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Menguraikan besaran-besaran fisis dan karakteristik gerak pada gerak lurus beraturan (GLB)

2.  Menerapkan konsep gerak lurus beraturan  (GLB) dalam menyelesaikan masalah baik menggunakan persamaan ataupun penafsiran grafik. 

 

B.    Alat dan Bahan

1.     Mobil mainan (menggunakan motor DC)

2.     Penggaris/meteran

3.     Plester/platban

4.     Stop watch

5.     Kertas berpetak

6.     Pensil, penghapus

 

C.    Prosedur/Langkah Kerja

1.      Buatlah lintasan lurus menggunakan meteran dengan panjang 30 cm, 60 cm, 90 cm, 120 cm, 150 cm, 180 cm

2.      Jalankan mobil-mobilan pada lintasan tersebut

3.      Hitung waktu tempuh pada masing-masing stop watch

4.      Masukkan data dalam tabel di bawah ini



A.    Analisa Data

1.     Buatlah grafik s-t dari data yg di peroleh

2.     Bagaimanakah bentuk grafik s-t ?

3.     Dari hasil grafik, apakah mobil-mobilan  mengalami perubahan kecepatan ?

4.     Jika iya, bagaimakah perubahannya?

5.     Buatlah grafik v-t dari data yang di peroleh

6.     Bagaimanakah bentuk grafik v-t ?

7.     Apakah yang dapat kalian simpulkan dari bentuk grafik v-t ?

8.     Besaran-besaran apa sajakah yang mempengaruhi nilai dari kecepatan benda ?

9.     Berapakah nilai dari percepatan benda ?

10. Dari analisis data yang telah kalian lakukan buatlah kesimpulan tentang jenis gerak dari mobil-mobilan dan ciri-ciri dari gerak mobil-mobilan



Di bawah ini adalah dokumentasi eksperimen yang dilakukan oleh siswa kelas XI fase F MAN Kota Sorong Papua Barat.


Di bawah ini adalah dokumentasi siswa kelas XI fase F MAN Kota Sorong Papua Barat melakukan analisis data hasil percobaan :



 
Hasil analisis data yang dilakukan oleh siswa:




Jika dilihat hasil dari LKPD siswa,  eksperimen GLB menggunakan mobil-mobil mainan menghasilkan grafik s-t dan v-t yang sesuai dengan referensi. Sehingga penggunaan mobil-mobil mainan  dan stop watch untuk menguji konsep GLB dapat di jadikan sebagai alternatif  jika Laboratorium tidak memiliki peralaan kit mekanika. (Sulistya)

 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.