MEMBUKTIKAN KONSEP GERAK LURUS BERATURAN (GLB)
MENGGUNAKAN MOBIL MAINAN
Sulistya
Budiwati, S.Si
Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Kota Sorong Papua Barat.
Jl. Basuki
Rahmat No.40 Remu selatan, Sorong Manoi Kota Sorong Papua Barat
sulistyabudiwati1981@gmail.com
Seorang guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu cara peningkatan kualitas pembelajaran adalah dengan penggunaan metode yang sesuai sehingga siswa mampu membangun pengetahuan di dalam dirinya.
Kemampuan siswa untuk membangun pengetahuan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor baik secara internal maupun eksternal. Dibutuhkan kemampuan siswa untuk menghubungkan apa yang dipelajari di sekolah dengan pengalaman sehari-hari agar terbangun pemahaman secara menyeluruh.
Mata pelajaran fisika mempelajari berbagai macam fenomena alam yang bersifat konkret dan abstrak. Metode eksperimen sangat dibutuhkan untuk mempelajari hal-hal yang bersifat abstrak agar lebih mudah dipahami. Idealnya ketersediaan peralatan laboratorium yang lengkap dapat membantu dalam proses pembelajaran. Untuk memperlajari konsep gerak lurus beraturan (GLB) dibutuhkan kit percobaan mekanika yang terdiri dari ticker timer, power supply, pita, kertas karbon, kereta dinamika dan rel lintasan.
Pada kenyataannya tidak semua sekolah memiliki peralatan tersebut. Penggunaan mobil mainan dan stop watch dapat menjadi peralatan alternatif untuk melakukan eksperimen GLB. Data hasil eksperimen dianalisis sehingga dihasilkan grafik s-t dan grafik v-t. Alat dan bahan yang dibutuhkan, prosedur kerja dan langkah-langkah untuk menganalisis data secara lengkap dalat dilihat pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di bawah ini :
LKPD GERAK LURUS BERATURAN (GLB)
A. Tujuan
Pembelajaran (TP)
1. Menguraikan besaran-besaran fisis dan karakteristik gerak pada gerak lurus
beraturan (GLB)
2. Menerapkan konsep gerak lurus beraturan
(GLB) dalam menyelesaikan masalah baik menggunakan persamaan ataupun
penafsiran grafik.
B. Alat
dan Bahan
1. Mobil
mainan (menggunakan motor DC)
2. Penggaris/meteran
3. Plester/platban
4. Stop
watch
5. Kertas
berpetak
6. Pensil,
penghapus
C. Prosedur/Langkah
Kerja
1. Buatlah
lintasan lurus menggunakan meteran dengan panjang 30 cm, 60 cm, 90 cm, 120 cm,
150 cm, 180 cm
2. Jalankan
mobil-mobilan pada lintasan tersebut
3. Hitung
waktu tempuh pada masing-masing stop watch
4. Masukkan
data dalam tabel di bawah ini
1. Buatlah
grafik s-t dari data yg di peroleh
2. Bagaimanakah
bentuk grafik s-t ?
3. Dari
hasil grafik, apakah mobil-mobilan
mengalami perubahan kecepatan ?
4. Jika
iya, bagaimakah perubahannya?
5. Buatlah
grafik v-t dari data yang di peroleh
6. Bagaimanakah
bentuk grafik v-t ?
7. Apakah
yang dapat kalian simpulkan dari bentuk grafik v-t ?
8. Besaran-besaran
apa sajakah yang mempengaruhi nilai dari kecepatan benda ?
9. Berapakah
nilai dari percepatan benda ?
10. Dari analisis data yang telah kalian lakukan buatlah kesimpulan tentang jenis gerak dari mobil-mobilan dan ciri-ciri dari gerak mobil-mobilan
Di bawah ini adalah dokumentasi eksperimen yang dilakukan oleh siswa kelas XI fase F MAN Kota Sorong Papua Barat.
Jika dilihat hasil dari LKPD siswa, eksperimen GLB menggunakan mobil-mobil mainan menghasilkan grafik s-t dan v-t yang sesuai dengan referensi. Sehingga penggunaan mobil-mobil mainan dan stop watch untuk menguji konsep GLB dapat di jadikan sebagai alternatif jika Laboratorium tidak memiliki peralaan kit mekanika. (Sulistya)